SOSIALISASI DANA BOP PAUD TAHUN ANGGARAN 2019

Kategori : Government Senin, 18 Maret 2019

Pendidikan Anak Usia Dini selanjutnya disingkat PAUD adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Menurut Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2019 Tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Dana Alokasi Khusus Nonfisik Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2019, Satuan PAUD adalah Taman Kanak-kanak (TK), Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA), dan Satuan PAUD sejenis (SPS).


BOP PAUD adalah program pemerintah untuk membantu penyediaan pendanaan biaya operasional non personalia bagi satuan pendidikan anak usia dini yang diberikan kepada satuan pendidikan anak usia dini dan satuan pendidikan nonformal yang menyelenggarakan program pendidikan anak usia dini untuk mendukung kegiatan operasional pendidikan. Untuk tercapainya target pemerintah dalam pendidikan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun, maka pemerintah pada tahun anggaran 2019 kembali melakukan penyaluran dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini yang selanjutnya disingkat BOP PAUD. Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah sebagai pihak yang menyalurkan dana hibah BOP PAUD kepada Lembaga PAUD melakukan acara sosialisasi kepada perwakilan gugus PAUD yang berada di Kabupaten Aceh Tengah.


Sosialisasi tersebut dilakukan di Aula Badan Pengelolaan Keuangan Kabupaten Aceh Tengah. Selanjutnya acara tersebut dibuka oleh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Kabupaten Aceh Tengah yaitu Bapak Drs. ZULKARNAEN, MM, yang dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Tengah yaitu Bapak Mude Sedang beserta staf. Materi acara sosialisai dana BOP PAUD 2019 yang dilakukan pada hari rabu tanggal 13 maret 2019, di sampaikan oleh Saudara Muhammad Fadlan, SH, M.Ec.Dev. kepada perwakilan gugus lembaga PAUD yang berada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah.


Dalam acara sosialisasi yang diselenggarakan tersebut, dikatakan bahwa tujuan pemerintah memberikan dana BOP PAUD tersebut yaitu untuk membantu penyediaan biaya operasional nonpersonalia bagi anakusia dini yang diberikan kepada satuan pendidikan yang menyelenggarakan program PAUD dan meringankan beban biaya pendidikan bagi orang tua dalam upaya mengikutsertakan anaknya pada layanan PAUD berkualitas di satuan pendidikan penyelenggara program PAUD. Selain itu, Sasaran program DAK Nonfisik BOP PAUD yaitu anak usia dini yang terlayani di satuan pendidikan yang menyelenggarakan PAUD di wilayah Indonesia yang salah satunya yaitu Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah. Sasaran DAK Nonfisik BOP PAUD tidak berlaku bagi anak usia dini yang terlayani di satuan pendidikan penyelenggara PAUD atas dasar kerja sama dengan lembaga pendidikan asing Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK).


Selain itu juga fokus pembahasan dalam acara sosialisai tersebut yaitu tentang Pengalokasian besaran DAK Nonfisik BOP PAUD dari pemerintah pusat ke Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah menggunakan perhitungan yaitu jumlah peserta didik yang dilayani satuan pendidikan yang menyelenggarakan PAUD yang tercatat pada Dapodik PAUD dan Dikmas per akhir bulan September tahun anggaran sebelumnya dan Satuan biaya BOP PAUD sebesar Rp 600.000,00 (enam ratus ribu rupiah) per peserta didik per tahun. Penyaluran dana dari Rekening Kas Umum Nasional ke Rekening Kas Umum Daerah dilaksanakan 2 (dua) kali dalam 1 (satu) tahun, untuk tahap I (pertama) paling cepat pada bulan Maret, dan tahap II (kedua) paling cepat pada bulan Agustus pada tahun berkenaan, Penyaluran dana dari Kas Umum Daerah ke rekening satuan pendidikan penyelenggara PAUD dilakukan 2 (dua) kali dalam 1 (satu) tahun, yaitu, Tahap I (pertama) setelah menyampaikan laporan dana yang disalurkan pada tahun sebelumnya dan Tahap II (kedua) setelah menyampaikan laporan dana pada tahap I (pertama) yang disalurkan.

 

Sosial

Sholat

Kota: Takengon
Lat: 4.62
Lng: 96.84