PENYELENGGARAAN KEGIATAN PELATIHAN SISTEM INFORMASI DAERAH BARANG MILIK DAERAH (SIMDA-BMD) TERHADAP PENGURUS BARANG PADA ORGANISASI PERANGKAT DAERAH (OPD) DALAM KAB. ACEH TENGAH TAHUN ANGGARAN 2019

Kategori : Government Senin, 04 November 2019

SIMDA-BMD adalah salah satu aplikasi yang kita gunakan dalam penyusunan Laporan dan Penatausahaan Barang Milik Daerah. Sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2016, tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah, bahwa terhadap seluruh pengurus barang milik daerah pada unit kerja harus dibekali pengetahuan dan wawasan terkait dengan pengelolaan dan Penatausahaan Barang Milik Daerah.

Tanggal 4 s/d 5 November Badan Pengelolaan Keuangan Kabupaten Aceh Tengah melalui Bidang Aset menyelenggarakan Pelatihan Sistem Informasi Daerah Barang Milik Daerah (SIMDA-BMD) terhadap 50 Pengurus Barang Milik Daerah (BMD) pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam Kabupaten Aceh Tengah.

 

 



 

Seiring dengan perkembangan teknologi dan sistem informasi aplikasi SIMDA-BMD yang di kembangkan oleh BPKP, setiap tahunnya mengalami perubahan versi yang disesuaikan dengan regulasi Pemerintah, sejak tahun 2015 pertama sekali Pemda. Aceh Tengah menggunakan aplikasi SIMDA-BMD versi 1.0.6.1 dan sampai saat ini telah menggunakan aplikasi SIMDA-BMD versi 2.0.7.10.2, informasi yang diterima dari BPKP Perwakilan Aceh bahwa diakhir tahun 2019 ini akan Louncing/Rilis aplikasi SIMDA-BMD versi 2.0.7.11.1 yang merupakan upgrate aplikasi penyesuaian kode rekening barang yang telah disesuaikan dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 108 tahun 2016 tentang penyesuaian kodefikasi Barang Milik Daerah.

Neraca Aset dan laporan pengelolaan Barang Milik Daerah adalah salah satu tolak ukur dalam Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK) Pemerintah Kabupaten/Kota, sehingga jika neraca dan pelaporan aset tidak dapat disajikan dengan benar dapat berdampak negatif terhadap Opini Pemerintah Daerah atas hasil audit dan pemeriksaan oleh BPK-RI.


Pelaksanaan kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian pembekalan terhadap pengurus BMD pada OPD, sehingga dengan dilaksanakannya kegiatan pelatihan ini harapan kita seluruh pengurus BMD dapat benar-benar mampu menyajikan Laporan Pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD) sesuai dengan aturan dan disajikan secara Akurat.

 

Sosial

Sholat

Kota: Takengon
Lat: 4.62
Lng: 96.84